Thursday, March 22, 2012

DEFINISI INTELIGENSI MENURUT CHARLES E. SPEARMAN


Charles E Spearman ( 1836- ) merupakan murid dari Wundt. Ia memulai karirnya sebagai seorang psikolog. Teori yang dikemukakan oleh Charles R Spearman adalah teori “ Two factors “. Menurut Charles, inteligensi terdiri dari kemampuan umum yang disimbolkan sebagai  “g” yaitu general factor dan kemampuan khusus yang disimbolkan sebagai “s” atau specific factor.
Teori ini berawal dari analisis korelasional yang dilakukannya terhadap skor seperangkat tes yang memilki tujuan serta fungsi ukur yang berlainan. Hasil dari analisis yang dilakukan oleh Charles menyatakan adanya interkorelasi positif di antara tes-tes tersebut. Tes-tes tersebut mengukur suatu faktor umum yang sama, dan faktor inilah yang disebut sebagai general factor. Namun, selain terdapat faktor umum terdapat juga faktor khusus/spesifik yang hanya diukur oleh tes tertentu saja yang disebut dengan specific factor.
Charles E Spearman juga mendefinisikan inteligensi yang mengandung 2 komponen kualitatif yang penting, yaitu :
     Eduksi relasi ( Eduction of Relation )
Eduksi relasi ini merupakan kemampuan untuk menerapkan hubungan dasar yang berlaku di antara 2 hal.
     Eduksi korelasi ( Eduction of Correlates )
Eduksi korelasi ini merupakan untuk menerapkan hubungan dasar yang ditemukan dalam proses eduksi relasi sebelumnya ke dalam situasi baru

No comments:

Post a Comment