Tuesday, June 19, 2012

Simulasi Paedagogi dan Andragogi

Fania Felicia Magdalena Hutagalung (11-081)
Densi Wahyuni (11-045)
Dwi Kartika (11-019)

Secara singkat paedagogi didefinisikan sebgai teknik atau seni mengajar pada anak-anak. Sedangkan andragogi didefinisikan sebagai teknik atau seni mengajar pada orang dewasa. Pada kelas pendidikan tanggal 16 Juni 2012, kami kelompok 12 melakukan simulasi singkat mengenai cara mengajar paedagogi dan cara mengajar andragogi. berikut adalah penjelasan singkat mengenai simulasi singkat yang kami lakukan:
 - Simulasi Paedagogi dalam kelompok kami, kami menggunakan setting sekolah taman kanak-kanak dimana siswanya di ajari nama-nama hari dengan metode menyanyi sehingga menarik untuk di pelajari bagi anak seumuran mereka. Dalam setting ini, dapat dilihat bahwa guru memegang kendali penuh dalam pembelajaran. siswa cenderung hanya mendengarkan saja, sedangkan siswa sebagian besar hanya belajar dari gurunya. Pada awalnya guru mempertanyakan nama-nama hari, dan sang murid tidak tahu jawabannya. Lalu guru memberitahukan jawabannya dan mengajarkan nama-nama hari tersebut dengan menggunakan lagu. Setelah itu murid menjadi tahu nama-nama hari dengan menyanyikan lagu yang telah diajarkan oleh sang guru.

- Simulasi Andragogi dalam kelompok kami, kami menggunakan setting sebuah kursus bahas inggris yang di ikuti oleh orang yang sudah menjadi sarjana. Dalam setting ini, dapat dilihat bahwa guru kursus hanya menjadi fasilitator untuk belajar oleh para sarjana tersebut. murid di tuntut untuk lebih aktif dibandingkan gurunya, sedangkan guru hanya memperjelas saja. Pada awalnya guru mempertanyakan apa bahan belajar pada hari ini, sedangkan murid yang menjawab apa bahannya dan menjelaskan, sedangkan sang guru hanya mengkoreksi saja kebenaran dari penjelasan tersebut.

Berdasarkan simulasi yang kami lakukan, dapat dilihat bahwa ada perbedaan yang besar antara paedagogi dan andragogi. Berikut adalah perbedaannya;
 Paedagogi:
- Dalam bahasa yunani, Paeda artinya anak-anak, sedangkan agogos artinya mengarahkan.
- Paedagogi adalah seni mengajar pada anak atau mengarahkan anak.
- Guru cenderung lebih aktif dalam pembelajaran dibandingkan dengan sang anak sendiri.
- Teknik mengajar cenderung belajar sambil bermain agar sesuai dengan sang anak
- Muridnya cenderung mengikuti pembelajaran karena adanya suatu kewajiban untuk mengikuti pembelajaran, bukan karena adanya motivasi untuk belajar.

Andragogi:
- Dalam bahasa yunani, Andra artinya orang dewasa, sedangkan agogos artinya mengarahkan.
- Andragogi adalah seni mengajar pada orang dewasa atau mengarahkan orang dewasa.
- Murid di tuntut kemandiriannya untuk lebih aktif dalam pembelajaran, sedangkan guru hanya menjadi fasilitator saja.
- Teknik mengajar cenderung lebih kaku karena yang di ajar pun sudah dewasa, bukan anak-anak lagi.
- Murid cenderung mau belajar karena adanya motivasi dari mereka sendiri bukan hanya karena melaksanakan kewajiban mereka.

No comments:

Post a Comment