Sunday, May 13, 2012

Blended Learning


BLENDED LEARNING

Pengalaman kuliah blended learning hari ini merupakan pengalaman pertama bagi saya. Karena sebelumnya saya belum pernah melakukan blended learning. Blended learning menyenangkan bagi saya karena saya belum pernah melakukannya. Menurut saya hal yang positif dari blended learning ini menambah wawasan dan pengalaman bagi mahasiswa. Namun hal negatif atau kendalanya berupa jaringan yang terkadang terputus di tengah pembicaraan sehingga menghambat pembicaraan atau diskusi yang sedang di lakukan.

Menurut Thorne (2003)
, Blended learning adalah perpaduan dari: teknologi multimedia, CD ROM video streaming, kelas virtual, voicemail, email dan telefon conference, animasi teks online  dan video-streaming. Semua ini dikombinasi dengan bentuk tradisional pelatihan di kelas dan pelatihan satu-satu. Blended learning menjadi solusi yang paling tepat untuk proses pembelajaran yang sesuai tidak hanya dengan kebutuhan pembelajaran akan tetapi juga gaya si pembelajar. Perlunya dan signifikansi blended leaning terletak pada potensialnya. Blended learning merepresentasikan keuntungan yang jelas untuk menciptakan pengalaman belajar yang memberikan pembelajran yang tepat pada saat yang tepat dan waktu yang tepat pada setiap individu. Blended learning menjadi batasan yang benar-benar universal dan global dan membawa kelompok pembelajar bersama-sama melintas budaya dan zona waktu yang berbeda. Pada konteks ini blended learning dapat menjadi salah satu pengembangan paling signifikan pada abad 21.

Menurut MacDonald (2008)
, istilah blended learning biasanya berasosiasi dengan memasukkan media online pada program pembelajaran, sementara pada saat yang sama tetap memperhatikan perlunya mempertahankan kontak tatap muka dan pendekatan tradisional yang lain untuk mendukung siswa. Istilah ini juga digunakan saat media asynchronous seperti email, forums, blogs atau wikis digabungkan dengan teknologi, teks atau audio sinkronus.
Menurut Bersin (2004) menjelaskan bahwa blended learning adalah kombinasi berbagai media pembelajaran yang berbeda (teknologi, aktivitas, dan berbagai jenis peristiwa) untuk menciptakan program pembelajaran yang optimum untuk audiens (siswa) yang spesifik. Istilah blended sendiri berarti bahwa pembelajaran tradisional di dukung dengan format elektronik  yang lain. Program blended learning menggunakan berbagai bentuk e-learning, mungkin digabungkan dengan pelatihan yang terpusat pada instruktur dan format langsung lainnya.

Kekurangan dari blended learning ini apabila tidak ada jaringan yang memadai untuk melakukan online chatting. Atau tidak adanya media yang memadai seperti laptop atau komputer. Selain itu apabila orang yang ingin melakukan blended learning tersebut tidak memiliki informasi yang cukup seputar penggunaan teknologi dan internet maka blended learning ini akan menjadi suatu kesulitan. Sebaliknya, apabila ada media yang bisa memadai untuk melakukan blended learning dan adanya jaringan yang mendukung, tentunya blended learning ini akan menguntungkan bagi semua orang. Karena menjadi mudah untuk berkomunikasih dan berdiskusi mengenai suatu hal tanpa perlu bertemu secara langsung karena dapat dilakukan dengan online chatting

No comments:

Post a Comment