Monday, May 28, 2012

Survey Online - Psikologi Pendidikan

Dalam kelas psikologi pendidikan, saya mendapat pengalaman dan pelajaran baru yaitu dalam membuat survey online dengan tema psikologi pendidikan yang harus di isi oleh minimal 50 orang dari angkatan 2011. Yang kemudian hasilnya akan di kirimkan ke email psikologi pendidikan. Saya menggunakan website kwiksurveys untuk melakukan survey online tersebut. Websitenya adalah www.kwiksurveys.com.


Question 1
Apakah pembelajaran mengguakan media blog mempermudah pembelajaran?

Yes
No
Responses
Total
Respon anda
80.88%
19.12%
68
100%

Top of Form
Bottom of Form
Question 2
Mudah untuk mengakses e-learning untuk mencari materi pembelajaran

Yes
No
Responses
Total
Respon anda
88.24%
11.76%
68
100%

Top of Form
Bottom of Form
Question 3
Dosen memberikan penjelasan mengenai e-learning

Yes
No
Responses
Total
Respon anda
91.30%
8.70%
69
100%

Top of Form
Bottom of Form
Question 4
Apakah anda merasa kesulitan saat pertama kali menggunakan e-learning?

Yes
No
Responses
Total
Respon anda
68.12%
31.88%
69
100%

Top of Form
Bottom of Form
Top of Form
Bottom of Form
Question 5
Ujian online lebih mudah dilakukan dibanding dengan ujian tertulis

Yes
No
Responses
Total
Respon anda
40.58%
59.42%
69
100%
Bottom of Form
Question 6
Tugas mini proyek mempermudah pemahaman mengenai materi karena terjun langsung untuk mengobservasi

Yes
No
Responses
Total
Respon anda
94.12%
5.88%
68
100%

Top of Form
Bottom of Form
Top of Form
Bottom of Form
Question 7
Apakah pemostingan tugas di blog setiap minggu mempersulit mahasiswa?

Yes
No
Responses
Total
Respon anda
20.00%
80.00%
70
100%

Top of Form
Bottom of Form
Question 8
Tugas individu lebih mudah untuk dikerjakan dibanding tugas kelompok

Yes
No
Responses
Total
Respon anda
51.47%
48.53%
68
100%


Untuk pertanyaan yang pertama yaitu, "Apakah pembelajaran dengan menggunakan media blog mempermudah pembelajaran?", kebanyakan responden mengatakan iya, penggunaan blog ini mempermudah pembelajaran. Kemudian untuk pertanyaan yang kedua yaitu, "Mudah untuk mengakses e-learning untuk mencari materi pembelajaran", kebanyakan dari responden menjawab iya mereka merasa kesulitan untuk mengakses e-learning. Lalu untuk pertanyaan yang ketiga yaitu, "Dosen memberikan penjelasan mengenai e-learning", kebanyakan responden menjawab iya dosen memberikan penjelasan yang cukup sehingga mahasiswa lebih mengerti mengenai e-learning". Kemudian untuk pertanyaan yang keempat yaitu, "Apakah anda merasa kesulitan saat pertama kali menggunakan e-learning?", kebanyakan responden menjawab iya mereka merasa kesulitan menggunakan e-learning pertama kali. Lalu untuk pertanyaan yang kelima yaitu, "Ujian online lebih mudah untuk dilakukan dibanding ujian tertulis.", kebanyakan responden menjawab tidak karena mereka merasa melakukan ujian tertulis lebih mudah untuk di lakukan. Kemudian untuk pertanyaan yang keenam yaitu, "Tugas mini proyek mempermudah pemahaman materi karna terjun langsung untuk mengobservasi.", kebanyakan responden menjawab iya dengan adanya tugas mini proyek mereka lebih memahami materi pembelajaran yang bersangkutan. Lalu untuk pertanyaan yang ketujuh yaitu, "Apakah pemostingan tugas di blog setiap minggu mempersulit mahasiswa?", kebanyakan responden menjawab tidak mereka tidak merasa kesulitan dalam tugas pemostingan blog setiap minggunya. Kemudian untuk pertanyaan yang terakhir yaitu, "Tugas individu lebih mudah untuk dilakukan dibanding tugas kelompok", 50% atau sebagian responden menjawab iya tugas individu lebih mudah untuk dilakukan, sedangkan 50% yang lain menjawab tugas individu tidak lebih mudah untuk dilakukan selain kerja kelompok.
Testimonial saya mengenai tugas pendidikan ini adalah, survey online ini merupakan pengalaman pertama saya. Survey ini nampaknya lebih mudah untuk di lakukan dan menghemat biaya dibandingkan dengan survey yang di biasanya di isi langsung oleh responden, karena survey online ini hanya membutuhkan jaringan internet dan perangkat komputer tanpa perlu memprint questioner. Survey ini juga lebih akurat dan mudah di pahami karena dari sistem survey online ini sudah di lakukan perhitungan terhadapan jawaban dari responden. Sehingga lebih mudah untuk di ambil kesimpulannya. mmenurut saya, perlu bagi mahasiswa untuk bisa melakukan survey online ini karena akan sangat membantu dalam melakukan penelitian yang menggunakan metode questioner.

4 comments:

  1. Fania...
    coba pelajari bagaimana membuat laporan hasil survei :)
    jika ingin hasil kinerjanya mendapat nilai lebih baik...coba perbaiki ya :)

    take care

    ReplyDelete
  2. Laporan hasil survey telah saya perbaiki. Mohon diberi feedback kembali mengenai laporan survey saya. sebelumnya saya ucapkan terima kasih.

    ReplyDelete
  3. nah sekarang testimoninya dimana?

    ReplyDelete
  4. maaf bu, testimonial saya letakkan di akhir post yang saya tebalkan tulisannya. Sebelumnya saya ucapkan terima kasih atas feedback yang ibu berikan.

    ReplyDelete